Fitur Baru WhatsApp

3 min read

Apa sajakah Fitur Baru WhatsApp yang akan rilis di tahun ini? Aplikasi pesan instan, WhatsApp, terus mengembangkan fitur-fiturnya untuk membuat pengguna merasa nyaman dan tetap setia menggunakan platformnya.

Sepanjang 2019, ada banyak kebocoran atau uji coba fitur baru yang dikembangkan oleh WhatsApp, tetapi tidak semuanya dirilis.

Ada kemungkinan besar bahwa fitur-fitur ini akan dibawa pada tahun 2020, tetapi waktu rilis tidak diketahui. Itulah sebabnya fungsi beta baru ini hanya dapat dinikmati oleh sejumlah kecil pengguna WhatsApp.

Untuk menjawab keingintahuan salah satu fitur ini, koil membuat daftar lengkap dengan penjelasan fungsinya. Berikut adalah tujuh fitur WhatsApp baru yang mungkin dirilis pada tahun 2020.

Apa itu WhatsApp?

Fitur Baru WhatsApp yang Akan Rilis Tahun 2020 Beragam Manfaatnya

WhatsApp adalah aplikasi pengiriman pesan instan untuk telepon pintar, jika dipandang dari kegunaannya, WhatsApp hampir mirip dengan SMS yang biasa Anda gunakan pada ponsel yang lebih tua.

Tapi WhatsApp tidak memakai pulsa, melainkan menggunakan data internet. Jadi, dalam aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir tentang panjang karakter. Tidak ada batasan, selama data internet Anda mencukupi.

Sejarah Singkat WhatsApp

WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009 oleh Brian Acton dan Jan Koum, mantan karyawan Yahoo.

Dengan modal $ 400.000, Koum berdiskusi dengan Alex Fishman tentang kepercayaannya pada App Store yang baru, yang hanya seusia jagung.

Fishman kemudian membawa Koum bersama dengan pengembang aplikasi iPhone Rusia bernama Igor Solomennikov. Awalnya WhatsApp masih banyak masalah. Saat diuji, aplikasi ini selalu gagal.

Kondisi ini membuat Koum ingin menutup perusahaannya dan kembali bekerja. Brian Acton tampak menghiburnya dengan tinggal beberapa bulan lagi.

Setelah melalui fase beta yang cukup panjang, akhirnya pada November 2009, WhatsApp resmi ambil bagian di App Store. Koum juga telah membujuk Acton dan lima karyawan Yahoo lainnya untuk berinvestasi.

Setelah berada di App Store, pada Januari 2010 WhatsApp digunakan di BlackBerry Store dan kemudian di Android pada bulan Agustus.

WhatsApp tetap di gandrungi walaupun statusnya sudah diubah dari gratis menjadi berbayar. Pada Februari 2013 user aktif WhatsApp membludak pada 200 juta.

Jumlah ini dua kali lipat pada bulan Desember dan naik lagi menjadi 500 juta pada bulan April 2014. Dan pada September 2015, pengguna aktif WhatsApp tercatat 900 juta.

Merasa yakin akan potensinya, Facebook membeli WhatsApp dengan harga $ 19 miliar.

Setelah berlindung di bawah Facebook, WhatsApp mempertahankan kualitas dan tetap memberikan kepuasan kepada pengguna.

Manfaat WhatsApp

1. Obrolan Pribadi atau Grup

Dengan WhatsApp, anda dapat mengirim pesan ke pengguna lain dalam bentuk teks, audio, file dokumen, foto dan video.

Tidak hanya obrolan pribadi, tetapi anda juga dapat membuat obrolan grup yang berisi beberapa pengguna WhatsApp lainnya.

Misalnya anda ingin membuat obrolan grup yang berisi anggota keluarga besar untuk memfasilitasi komunikasi antara keluarga yang dipisahkan oleh jarak.

2. Media Bisnis

WhatsApp sering digunakan juga untuk kegiatan bisnis misalnya untuk promosi, informasi, dan pemesanan.

Bisnis yang menggunakan WhatsApp secara pribadi dapat mempromosikan bisnis mereka dengan pengguna lain atau dengan mengirimkan informasi bisnis ke obrolan grup.

Jika seseorang tertarik pada bisnis ini, mereka biasanya akan diarahkan untuk menghubungi pemilik bisnis WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan juga pemesanan.

3. Media Pendidikan

Di waktu ini, tidak sedikit orang memakai WhatsApp sebagai sarana untuk pembelajaran seperti kursus / pelajaran (baik dalam obrolan grup atau obrolan pribadi), seminar dan juga lokakarya online.

Cukup dengan membuat obrolan grup dan kemudian mengundang peserta ke dalam grup, kelas dapat dimulai.

4. Panggilan Video

Sekarang, selain dapat mengirim pesan, Anda juga dapat memanggil pengguna lain dan juga melakukan panggilan video dengannya.

Agar panggilan video dan suara Anda berjalan lancar tanpa gangguan, pastikan koneksi internet Anda stabil.

5. Berbagi Informasi dan Berita

Anda bisa berbagi berita dan informasi dengan pengguna WhatsApp yang lainnya dengan mengirim ke obrolan pribadi atau obrolan grup.

6. Buat Status / Cerita

Sama seperti Instagram, di WhatsApp Anda juga dapat membuat status / cerita yang dapat dilihat oleh teman-teman Anda (pengguna WhatsApp lainnya).

Anda dapat memasukkan teks, keterangan, stiker, dan coretan pada cerita dengan fitur yang tersedia.

7. Media Komunitas

Anda dapat menggunakan WhatsApp sebagai tempat berkumpulnya komunitas online. Anda dapat terhubung dengan anggota komunitas lain sehingga penyebaran informasi dan komunikasi menjadi mudah.

Dengan komunikasi yang lancar, diharapkan kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Fitur Baru WhatsApp Tahun 2020

Fitur Baru WhatsApp Tahun 2020

1. Hapus Pesan Rahasia Otomatis

Fitur baru WhatsApp pada tahun 2020 maka ada fitur untuk menghapus pesan rahasia secara otomatis. Fitur ini mungkin bukan favorit pengguna, terutama mereka yang menjaga privasi.

Awalnya fitur hapus pesan rahasia bernama Disappearing Messages, tetapi salam dalam pengembangannya sekarang dikabarkan akan diubah menjadi Delete Messages.

Kegunaan fitur ini hampir sama dengan fitur Obrolan Rahasia dalam aplikasi Telegram, yang setelah beberapa waktu fitur ini akan dihapus secara otomatis. Hitungan waktu itu sendiri bisa jam, hari, minggu atau tahun.

2. Mode Gelap

Sejak dua tahun lalu fitur dark mode atau dark mode yang telah hadir di sejumlah aplikasi semakin populer. Seperti di Instagram, setelah dirilis ke publik, mode gelap ini langsung mendapat antusiasme dari penggunanya.

Mode gelap ini kabarnya akan dirilis tahun 2020 nanti dengan fitur hemat daya, tetapi khusus untuk ponsel berlayar AMOLED.

Saat dalam mode hemat daya, pengguna dapat mengatur fitur mode gelap secara otomatis atau manual sesuai pengaturan telepon.

3. Iklan di Status WhatsApp

Fitur baru WhatsApp pada tahun 2020 akan ada iklan yang sengaja disisipkan antara Cerita WhatsApp, dan ketika dibuka layar ponsel akan diisi dengan iklan.

Itu hampir sama dengan iklan yang sekarang sering muncul di status Instagram. Iklan akan lengkap dengan ikon “gesek” yang akan mengarah ke situs pengiklan.

Nama perusahaan produk atau pengiklan akan muncul di bagian atas, sebagai nama kontak.

4. Dukungan Sistem Operasi

Aplikasi WhatsApp pada tahun 2020 akan mulai berhenti mendukung versi smartphone yang lebih lama, baik Android dan iOS.

Pengguna smartphone yang lebih tua harus segera memeriksa sistem operasi pada ponsel mereka untuk menentukan apakah ponsel mereka termasuk, apa dukungan WhatsApp akan berhenti.

WhatsApp mengatakan bahwa ponsel Android versi 2.3.7 dan versi iOS yang lebih lama tidak akan lagi dapat menjalankan WhatsApp.

Selain dua platform, WhatsApp juga mengumumkan bahwa mereka tidak akan menghentikan dukungannya untuk Windows Phone.

5. Fitur Reserve Image Search

Fitur WhatsApp baru yang terakhir adalah fitur Reverse Image Search yang dapat memudahkan pengguna untuk menelusuri dari siapa gambar diterima.

Namun sayangnya, untuk fitur ini informasi masih minim. Meski begitu, jika Anda melihat fungsi fitur Pencarian Gambar Cadangan dapat digunakan untuk mencari tahu gambar yang mengandung informasi palsu atau tipuan yang sering beredar di aplikasi WhatsApp.

Baca Juga:

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Fitur Baru WhatsApp yang Akan Rilis Tahun 2020 & Beragam Manfaatnya, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.