Cara Menghilangkan Malware

2 min read

Bagaimana Cara Menghilangkan Malware? Apakah komputer / laptop Anda terkena malware dan sedang mencari cara untuk menghilangkan malware di dalamnya?

Sebelum Anda mulai menghilangkan malware, Anda harus tenang karena masalah akan teratasi setelah Anda menerapkan langkah-langkah dalam artikel ini.

Cara Menghilangkan Malware

Cara Menghilangkan Malware pada Laptop PC Secara Efektif

1. Pastikan Anda sudah memiliki cadangan

Pertama dan terpenting adalah memastikan Anda memiliki cadangan. Selalu sediakan cadangan data komputer atau laptop Anda pada hard disk eksternal atau cloud.

Jadi ketika ada masalah seperti serangan malware, data Anda aman.

2. Hapus / Reset Pemulihan Sistem

Windows juga memiliki fitur Pemulihan sistem, yang sebenarnya sangat berguna jika ada masalah dengan sistem. Dengan pemulihan sistem, kami dapat mengembalikan sistem kembali ke saat titik pemulihan disimpan.

Namun sayangnya system restore juga sering digunakan sebagai tempat untuk malware.

Untuk mengatur ulang pengembalian sistem cukup mudah, Anda hanya perlu mematikan pengembalian sistem lalu mematikan komputer.

Setelah itu, restart sistem restore, maka sistem file yang sebelumnya disimpan telah dihapus dan diganti yang terbaru.

3. Hapus File Sementara

File sementara, termasuk cache dan cookie di browser sering menjadi tempat di mana malware bersarang.

Untuk itu, Anda harus bersihkan termporer file di browser, dan jendela (termasuk tempat sampah) jika Anda ingin membersihkan malware di komputer milik Anda.

Untuk menghapus file sementara di Windows, buka RUN lalu ketik% temp%, hapus semua isi file sementara.

Kemudian hapus isi recycle bin, cara klik kanan pada ikon recycle bin di desktop dan pilih recycle bin yang kosong.

Untuk menghapus file sementara di browser Chrome, buka histori, klik menu lalu pilih opsi untuk menghapus data penelusuran. Periksa semua opsi untuk menghapus semua data.

4. Pindai menggunakan Save Mode

Jika memindai dengan normal, jarang berhasil dalam menghapus semua malware yang menyerang laptop Anda. Memindai melalui mode simpan. Ketika safe mode, Windows bisa berjalan pada kondisi minimal.

Cuma driver penting tertentu yang aktif, sorftware tambahan tidak aktif. malware yang tidak bisa dihapus secara normal bisa menjadi tidak aktif dalam mode simpan, sehingga bisa dihapus.

5. Memindai komputer dengan antivirus secara menyeluruh

Cara Menghilangkan Malware

Jika Anda memiliki antivirus, lakukan pemindaian menyeluruh ke semua partisi hard drive di laptop Anda. Juga instal perangkat lunak anti-malware dan pindai jika antivirus Anda tidak memiliki fitur anti-malware.

Segera hapus atau karantina malware yang terpindai.

6. Memindai menggunakan Live CD

Ada beberapa malware yang dapat tetap aktif meskipun windows dalam mode simpan.

Untuk menghilangkannya Anda dapat memindai melalui Live CD, sehingga Anda melakukan pemindaian bahkan sebelum memasuki windows, atau saat boot.

Ini harus dapat mengatasi semua malware yang menyerang, kecuali malware tidak terdeteksi sebagai malware.

7. Hapus program yang tidak dikenal

File program konten Fisika yang diinstal pada laptop Anda, jika Anda menemukan program aneh yang tidak Anda kenal. Segera hapus / copot.

Untuk itu Anda perlu tahu program apa yang Anda instal, agar kesalahan uninstall tidak terjadi.

Namun, bahkan jika itu salah untuk meng-uninstall, itu tidak akan merusak sistem operasi, hanya saja programnya akan ditutup-tutupi. Dan itu menyusahkan jika ternyata penting bahwa Anda tidak memiliki bahan.

8. Gunakan Windows Defender

Tidak semua pemilik komputer atau laptop memiliki perangkat lunak anti-malware yang diinstal pada perangkat mereka. Jika Anda salah satunya, jangan khawatir.

Karena Windows sudah menyediakan perangkat lunak anti-malware default, yaitu Windows Defender. Untuk membuka Windows Defender, klik Pengaturan> Pembaruan & Keamanan> Windows Defender.

Anda juga dapat langsung mengetik Windows Defender di bilah pencarian. Setelah itu, pilih Buka Pusat Keamanan Pertahanan Windows> Perlindungan virus & ancaman> Pemindaian Lanjutan.

9. Instal ulang Komputer

Ini adalah cara terakhir, tetapi cara paling efektif untuk menghilangkan malware dari komputer Anda.

Dengan catatan, partisi lain selain sistem file juga harus segera dipindai sehingga Anda tidak menginfeksi ulang sistem komputer Anda. Namun terlalu sering menginstal ulang OS juga memberi dampak buruk.

10. Putuskan Koneksi Internet

Setelah itu, jika komputer atau laptop Anda terhubung ke internet, segera putuskan koneksi internet ketika Anda mencurigai bahwa malware telah menyerang.

Hal ini dilakukan untuk menghindari pengiriman data dari komputer Anda ke pihak lain melalui internet. Selain itu, koneksi internet biasanya merupakan gateway untuk malware.

Baca Juga:

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Menghilangkan Malware pada Laptop / PC Secara Efektif, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.