Cara Mengatasi iPhone Lemot

2 min read

Bagaimana Cara Mengatasi iPhone Lemot? Memiliki iPhone yang lambat tentu saja merupakan mimpi buruk bagi Anda pengguna perangkat Apple ini. Apalagi sekarang semua bisa Anda lakukan menggunakan smartphone.

Tentu saja itu tidak menyenangkan jika Anda sibuk mengobrol dengan orang yang suka naksir, tetapi iPhone Anda lambat.

Untuk menghindari hal ini, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga iPhone Anda berjalan kembali dengan lancar. Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi iPhone Lemot

Cara Mengatasi iPhone Lemot Agar Kembali Cepat Seperti Baru

1. Aktifkan Fitur Reduce Motion Feature

Versi iOS 9 dan yang lebih baru selalu menambahkan beberapa fitur baru. Salah satunya adalah gerakan animasi yang lebih cantik dan halus.

Tentu saja dengan penambahan ini akan mengkonsumsi sumber daya lebih banyak dari sebelumnya sehingga iPhone menjadi lambat.

Apalagi jika Anda menggunakan aplikasi dalam jumlah banyak, tentunya setiap sumber daya akan lebih bermakna.

Sekarang Anda dapat mengurangi gerakan animasi yang ada melalui Setting > General > Accessibility > Reduce Motion.

Dengan menyalakan fitur ini, iPhone akan mengurangi gerakan dan membuat proses animasi berjalan lebih cepat dari sebelumnya.

2. Matikan Background App Refresh

Sebagian besar aplikasi dari era saat ini selalu mencoba terhubung ke internet untuk mengambil data dan informasi tentang lokasi keberadaan pengguna.

Ini dilakukan untuk memberikan layanan yang lebih baik dan lebih akurat. Namun, tentu saja ada beberapa aplikasi yang jarang Anda gunakan atau butuhkan saat Anda membukanya.

Hal baiknya adalah bahwa beberapa aplikasi seperti ini terbatas sehingga mereka tidak mengkonsumsi sumber daya yang tidak diinginkan.

Anda dapat melakukan ini melalui Setting > General > Background App Refresh dan matikan aplikasi yang tidak perlu selalu disegarkan.

Demikian juga untuk fitur lokasi di Setting > Privacy > Location Service Anda mengatur bagaimana aplikasi dapat melacak lokasi.

3. Tutup Semua Aplikasi

Cara Mengatasi iPhone Lemot

iOS memang memiliki pengaturan memori yang cukup bagus sehingga dengan kapasitas RAM yang sedikit masih dapat bekerja secara optimal dan tidak disarankan untuk menutup total aplikasi sehingga dapat dibuka kembali lebih cepat.

Meski begitu, apa salahnya jika Anda sesekali menutup semua aplikasi yang berjalan untuk memastikan semua aplikasi tersebut benar-benar dihentikan.

Sehingga aplikasi yang jarang kita buka tidak menghabiskan sumber daya. Untuk menghentikan aplikasi, Anda cukup menekan tombol Rumah dua kali lalu geser semua aplikasi hingga tidak ada yang tersisa.

4. Reboot iPhone

Terkadang setelah menutup semua aplikasi masih ada sisa-sisa yang berjalan di belakang kita tanpa diketahui.

Nah, untuk memastikan semua berhenti bisa melakukan soft reboot untuk iPhone Anda dengan mudah sehingga memori menjadi bersih kembali.

Caranya adalah dengan menekan tombol Home + Power beberapa saat hingga logo Apple yang muncul baru dapat dihapus.

Proses ini sedikit lebih lama dari reboot normal sehingga Anda harus menunggu sedikit dengan sabar.

5. Kosongkan Penyimpanan

Regulasi tidak tertulis ketika menggunakan perangkat baik itu smartphone, komputer atau laptop selalu menyisakan setidaknya 10% dari kapasitas maksimum.

Selain menyediakan tempat untuk menumbuhkan data aplikasi, ini juga dapat mempercepat kinerja sistem operasi.

Anda juga dapat mengurangi jumlah data yang tersedia dari foto ke riwayat pesan sebanyak mungkin. Karena semakin banyak data ada kemungkinan iPhone menjadi lambat juga semakin besar.

Andaikata lebih cepat untuk memindahkan satu per satu 5 item besar dibandingkan dengan 100 item kecil bahkan jika mereka ditumpuk dengan berat yang sama.

6. Reset Pabrik

Metode yang hampir selalu efektif dan cukup ekstrem seperti langkah terakhir pasti melakukan reset pabrik atau penghapusan total.

iPhone akan kembali menjadi serupa dengan kondisi pabrikan sehingga apa yang membuat berat juga harus hilang selama proses reset.

Baca Juga:

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Mengatasi iPhone Lemot Agar Kembali Cepat Seperti Baru, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.